"Dispereert niet, onziet uw vijanden niet, want God is met ons"

- Jan Pieterszoon Coen (1587 - 1629)

Senin, 30 November 2015

Rijsttafel, Penyajian Makanan Indonesia Kesukaan Orang Belanda

Sajian Rijsttafel di era 1880-an


Sebuah keluarga Belanda berfoto bersama dengan sajian Rijsttafel, 1920


Keluarga C.H. Japing di Bandung menyantap sajian hidangan Rijsttafel.
Terlihat seorang pelayan tengah membantu menyajikan hidangan, 1936


Sajian Rijsttafel masa kini di Belanda



Jika berbicara mengenai kuliner pada masa Hindia Belanda rasanya kurang lengkap tanpa membicarakan sebuah penyajian makanan yang satu ini. Dapat dikatakan penyajian makanan ini adalah sesuatu yang tidak biasa namun menarik pada masa itu. Bagaimana tidak, makanan yang disajikan adalah makanan Indonesia tetapi yang menyantapnya adalah orang-orang Belanda. Penyajian kuliner Indonesia sebagai santapan orang Belanda ini dinamakan dinamakan Rijsttafel.

Di Indonesia, kini Rijsttafel sulit untuk dijumpai. Justru di Belanda, Rijsttafel sering ditemukan di berbagai rumah makan. Rijsttafel merupakan istilah dari bahasa Belanda yang artinya "meja nasi". Rijsttafel adalah cara penyajian makanan secara berurutan dengan berbagai pilihan kuliner khas Nusantara. Cara penyajian semacam ini berkembang pada masa Hindia Belanda dengan cara memadukan tata perjamuan resmi ala Eropa dengan kebiasaan makanan penduduk lokal yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.

Rijsttafel sebenarnya adalah konsep penyajian makanan lengkap dengan standar Eropa, yang diawali dengan makanan pembuka, lalu kemudian makanan utama, yang diakhiri dengan makanan penutup. Adapun beberapa makanan yang disajikan adalah Nasi, Ayam Besengek, Sambal Goreng Ati, Gulai Daging, aneka Sate, aneka Acar, Sambal dan Kerupuk. Jumlahnya beragam mulai dari sekitar 10 jenis, bahkan bisa sampai 40 jenis hidangan. Terkadang makanan khas Tionghoa Indonesia seperti lumpia dan bakmi, ataupun makanan yang masih dipengaruhi Eropa seperti semur daging.

Pada masa kolonial, versi jamuan resmi Rijsttafel paling mewah terdiri atas iring-iringan para pelayan berbusana resmi (kain kebaya untuk pelayan wanita atau beskap, blangkon, bersarung kain batik untuk pelayan pria), secara khidmat dan resmi menyajikan belasan hingga puluhan piring berisi berbagai macam hidangan ke meja makan di mana para tamu perjamuan duduk. Sajian pertama adalah nasi putih kadang berbentuk tumpeng kecil di sajikan di piring tamu, kemudian satu per satu pelayan datang membawa beraneka macam hidangan yang terdiri atas lauk-pauk, sayuran, gorengan, sambal dan kerupuk. Hidangan ini ditawarkan dan disajikan kepada para tamu perjamuan yang mengambil sendiri hidangan ini dari piring yang dibawa pelayan. Iring-iringan pelayan ini datang silih berganti membawa aneka hidangan. Versi penyajian yang lain hanya menyajikan nasi putih di tengah, dikelilingi piring-piring berisi aneka hidangan, mirip dengan sajian prasmanan masa kini.

Namun seiring dengan kepergian Belanda dari Indonesia setelah perang kemerdekaan, penyajian makanan secara Rijsttafel mulai hilang. Walaupun begitu, sajian ini tetap populer di kalangan keluarga Belanda yang memiliki akar keluarga kolonial Hindia Belanda.

Meski populer di Belanda dan luar negeri, Rijsttafel jarang ditemukan di Indonesia. Hal ini mungkin karena kebanyakan hidangan Indonesia terdiri dari satu atau dua macam lauk-pauk sebagai pelengkap nasi (ikan, ayam, daging, telur ayam, atau sumber protein lainnya), sayur (baik disajikan mentah, tumisan, atau sup) serta hidangan pelengkap lain seperti sambal, acar, atau kerupuk. Mengkonsumsi makanan lebih dari jumlah yang lazim tersebut dapat dianggap berlebihan, terlalu mewah, mahal dan boros.

Patut dicatat bahwa jumlah makanan yang dihidangkan dalam Rijsttafel berkisar antara 7 hingga 40 jenis makanan. Versi paling dekat dengan hidangan jenis ini dapat ditemukan pada hidangan lokal nasi padang dan nasi campur. Salah satu restoran yang masih bertahan menyajikan rijsttafel otentik adalah Restoran Oasis di Jakarta.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar